Senin, 17 Oktober 2011

Tahapan Audit

Tahapan Audit
Tahapan dalam audit kinerja terdiri dari 3 elemen yaitu :
1. Telaah hasil-hasil program (program results review)
2. Telaah ekonomi dan efisiensi (economy and efficiency review)
3. Telaah kepatuhan (compliance review)
Tahapan-tahapan dalam audit kinerja disusun untuk membantu auditor dalam mencapai tujuan audit kinerja. Review hasil-hasil program akan membantu auditor untuk mengetahui apakah entitas telah melakukan sesuatu yang benar (doing the right things). Review ekonomis dan efisiensi akan mengarahkan auditor untuk mengetahui apakah entitas telah melakukan sesuatu yang benar tadi secara ekonomis dan efisien. Review kepatuhan akan membantu auditor untuk menentukan apakah entitas telah melakukan segala sesuatu cara-cara yang benar. Sesuai dengan peraturan dan hokum yang berlaku. Masing-masing elemen tersebut dapat dijalankan sendiri-sendiri atau secara bersama-sama tergantung pada sumber daya yang ada dan pertimbangan waktu. Dalam menjalankan elemen-elemen tersebut auditor juga harus menimbangkan masalah biaya (cost). Atas dasar pertimbangan tersebut, disarankan agar elemen-elemen tersebut dijalankan secara terpisah (sendiri-sendiri). Secara lebih rinci, komponen audit terdiri dari :
1. Identifikasi lingkungan manajemen.
2. Perencanaan dan tujuan
3. Struktur organisasi
4. Kebijakan dan praktik
5. System dan prosedur
6. Pengendalian dan metode pengendalian
7. Sumber daya manusia dan lingkungan fisik
8. Praktik pengolahan staf
9. Analisis fiscal
10. Area khusus investigasi
Identifikasi lingkungan manajemen
Auditor harus familiar dengan lingkungan manajemen klien untuk memahami keterbatasan –keterbatasan yang dihadapi organisasi. Untuk itu auditor harus mengetahui dengan seksama dan akurat gambaran menyeluruh organisasi dari perspektif hukum,organisasi, dan karyawan. Auditor mengumpulkan informasi sehubungan dengan :
1. Persyaratan hukum dan kinerja
2. Gambaran organisasi
3. System informasi dan pengendaliaan
4. Pemahaman karyawan atas kebutuhan dan harapan.
Perencanaan and tujuan
Komponen ini berkaitan dengan review atas proses penetapan rencana dan tujuan organisasi. Auditor menguji keberadaan tujuan yang ditetapkan secara jelas dan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut, serta keterkaitan antara aktivitas-aktivitas yang dilakukan dengan kebutuhan tujuan organisasi.
Struktur organisasi
Komponen ini berkaitan dengan bagaimana sebuah unit diatur dan sumber daya dialokasikan untuk mencapai tujuan organisasi. Struktur organisasi menunjuk pada otoritas formal maupun informal dan tanggung jawab yang terkait dengan organisasi.
Kebijakan dan praktik
Komponen ini mengacu pada kebijakan umum (kebijakan public) yang merupakan kesepakatan yang dirumuskan oleh masyarakat yang diwakili oleh lembaga legislatif, dan diformalkan dalam perturan atau petunjuk administrative yang mengacu pada sejumlah aktifitas yang harus dilaksanakan.
System dan prosedur
System dan prosedur merupakan rangkaian kegiatan atau aktivitas untuk menelaah struktur pengendaliaan, efektifitas, ketetapan, logika dan kebutuhan suatu organisasi. Salah satu contoh system prosedur yang biasa digunakan adalah standar operating procedures yang menjelaskan bagaimana sebuah fungsi atau tanggu jawab dilaksanakan.
Pengendalian dan metode pengendaliaan
Komponen ini berhubungan dengan pengendalian intern terutama accounting control dan administrative control. Pengendalian akuntansi diperlukan untuk menyusun rencana, metode dan prosedur organisasi untuk menjaga kekayaan perusahaan dan reabilitas data keuangan. Pengendalian administrative terdiri dari rencana, metode dan prosedur organisasi yang berfokus pada efisiensi oprasional, efektifitas organisasi dan keputusan terhadap kebijakan manajemen serta ketentuan yang berlaku.
Sumber daya manusia dan lingkungan fisik
Kompone sumber daya manusia dan lingkungan fisik berkaitan dengan sikap karyawan, dokumentasi tentang berbagai aktifitas dan kondisi fisik pekerjaan.
Praktik penempatan karyawan
Komponen ini mengacu pada :
1. Metode dan prosedur yang digunakan untuk melindungi sumber daya manusia yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi
2. Metode dan prosedur yang digunakan untuk mengatur administrasi penggajian
3. Metode dan prosedur yang digunakan untuk menilai kinerja karyawan
4. Kebijakan dan prosedur pelatihan karyawan, dan
5. Affirmative action plans yaitu rencan-rencana tindakan yang disetujui oleh pihak-pihak tertentu
Auditor perlu mengevaluasi Affirmative action plans untuk memastikan bahwa hal tersebut tidak bertentangan dengan hokum yang berlaku dan pelaksanaan rencana berjalan secara efektif
Analisis fiscal
Analisis fiscal diperlukan untuk menganalisis informasi keuangan yang secara langsung atau tidak langsung dapat digunakan untuk mengidentifikasikan efisiensi operasi, ekonomis dan efektivitas uni organisasi yang dievaluasi.
Investigasi khusus
Jika dibandingkan dengan analisis pengendalian manajemen, investasi khusus sifatnya lebih spesifik. Investigasi ini lebih diarahkan pada usaha mengevaluasi solusi alternative yang didesain untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi atau peningkatan nilai ekonomis sebuah fungsi organisasi.